MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Oleh : Yadi Jayadi.
PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Definisi manajemen menurut Oei Liang Lee manajemen adalah suatu ilmu dan
seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta
mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuanya yang
telah ditetapkan.
Definis manajemen menurut James A.F Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan
pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya
yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
sebelumnya
Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan
alat yang tersedia semaksimum mungkin.Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa
dalam mencapain tujuan perusahaan haris memperhatikan secara optimal terhadap
kepentingan-kepentingan yang menyangkut kepentingan konsumen, penanam modal,
karyawan ,pemerintah, masyarakat , supplier.
Manajemen merupakan kegiatan pokok yang
dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah
input menjadi output melalui proses manajemen.
Kegiatan peranan yang harus dilakukan seorang
manajer akan selalu dan harus ada disetiap jenjang manajemen dalam struktur
organisasi,baik di posisi manajer puncak,madya,lini. Perbedaan nya hanyalah
terletak pada wewenang dalam mengambil keputusan di mana semakin ke atas
seseorang dalam kedudukan nya pada posisi organisasi maka semakin besar
kewenangannya dalam mengambil keputusan.
Fungsi manajemen Menurut George R.Terry :
·
Perencanaan (Planning);
·
Pengorganisasian
(Organizing);
·
Penggerakan (Actuating);
·
Pengawasan (Controlling).
·
Evaluasi (Evaluating)
ORGANISASI DAN PERILAKU
KEORGANISASIAN
PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi merupakan salah
satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi- fungsi
manajemen yang dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang tercipta di
perusahaan yag bersangkutan. Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada
organisasi terutama struktur organisasi yang dianut.
Organisasi menurut para ahli:
Organisasi Menurut Stoner
:
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang
melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Organisasi Menurut James
D. Mooney :
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia
untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi Menurut Chester
I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama
yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Secara
umum organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan
melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pemimpin
dengan organisasi yang tercipta diperusahaan yang bersangkutan. Jadi
keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi terutama struktur organisasi
yang dianut.
Kebutuhan perusahaan akan
penting nya peranan organisasi akan di sesuaikan dengan seberapa besar anggota
perusahaannya.Karena semakin sedikit anggota perusahaan semakin sederhana
fungsi-fungsi pengorganisasian yang dilakukan.Demikian juga kalau perusahaan
yang mula-mula anggotanya sedikit kemudian berkembang sehingga jumlah anggota
terus bertambah semakin banyak maka kebutuhan organisasi semakin besar.
Komentar
Posting Komentar